Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Presiden Jokowi Dianugerahi Medali Kehormatan Loka Praja Samrakshana dari Polri

Presiden Jokowi Dianugerahi Medali Kehormatan Loka Praja Samrakshana dari Polri

Matauli.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat penghargaan tertinggi dari Polri berupa Medali Kehormatan Loka Praja Samrakshana, yang diserahkan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Penganugerahan ini berlangsung dalam apel gelar pasukan pengamanan pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden terpilih di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, pada Senin (14/10/2024).

Kapolri menjelaskan bahwa medali kehormatan tersebut diberikan sebagai bentuk penghargaan atas kontribusi besar Presiden Jokowi terhadap institusi Polri. Kontribusi ini dinilai telah memampukan Polri untuk menjalankan tugas utamanya, yaitu melindungi, melayani masyarakat, serta menegakkan hukum dengan lebih optimal.

“Medali ini menjadi dorongan bagi kami untuk bekerja lebih baik lagi dalam memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara,” ujar Kapolri di Mako Brimob, Depok.

Tidak hanya menerima medali kehormatan, Presiden Jokowi juga diangkat sebagai Warga Kehormatan Utama Korps Brimob Polri. Pengangkatan ini, menurut Kapolri, dilakukan sebagai bentuk penghargaan atas jasa besar Presiden dalam pengembangan institusi Korps Brimob Polri.

“Kami menyematkan gelar Warga Kehormatan Utama Korps Brimob Polri karena beliau telah berjasa besar dalam pengembangan Korps Brimob,” terang Kapolri.

Medali Kehormatan Loka Praja Samrakshana diberikan berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor Kep/1723/X/2024 tentang Tanda Kehormatan Keamanan dan Keselamatan Publik. Sementara gelar warga kehormatan Brimob diberikan berdasarkan Keputusan Dankorbrimob Nomor Kep/114/IX/2019 yang mengatur tradisi Brimob.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Jokowi juga menganugerahkan Tanda Kehormatan Nugraha Sakanti kepada tujuh satuan kerja (Satker) Polri. Penganugerahan ini didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 138/TK Tahun 2024. Tujuh Satker yang menerima tanda kehormatan ini adalah Bareskrim Polri, Baharkam Polri, Korbrimob Polri, Divhubinter Polri, Korlantas Polri, Densus 88 Antiteror Polri, dan Pusdokkes Polri.

Nugraha Sakanti merupakan tanda kehormatan yang diberikan kepada satuan Polri yang dinilai berjasa di bidang kepolisian dan memberikan manfaat besar bagi bangsa dan negara.

Kapolri menegaskan bahwa penganugerahan tanda kehormatan ini merupakan amanah yang mendorong Polri untuk bekerja lebih baik, sesuai harapan masyarakat.

“Kami berterima kasih kepada seluruh Satker Polri dan anggotanya atas kerja keras yang telah dilakukan. Semoga ini menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus mengabdi kepada masyarakat, bangsa, dan negara,” tutup Kapolri.